Getting Started With Visual Studio 2013 Professional - TechnoGen
Abdul Halim ZHR

Getting Started With Visual Studio 2013 Professional

Share and Adopt yuk! - Dalam pembuatan aplikasi/game berbasis windows & windows phone, pasti memerlukan sebuah  tools, salah satunya adalah Visual Studio 2013 Professional. Para mahasiswa atau pelajar yang sering ngoding C#, Visual Basic, dan para Developer Game pasti sudah pada kenal banget sama tools yang satu ini.

Getting Started With Visual Studio 2013 Professional
Visual Studio 2013 Professional
Dalam pembuatan aplikasi windows/windows phone juga kita memerlukan Visual Studio karena didalam satu paket instalasi Visual Studio  di dalamnya sudah termasuk SDK (Software Development Kit) untuk melakukan developing untuk windows dan juga windows phone.

Nah Visual Studio 2013 Professional ini juga memiliki system requirements seperti software pada umumnya, agar kinerja software bisa optimal. System requirements-nya antara lain:
1.  Sistem operasi Windows 8/8.1 64bit. Inget ya, 64 bit.

2.  Mendukung Virtualization Technology untuk emulator windows phone (SLAT) (Baca juga "Cara Mengaktifkan Hyper-V dan Intel Virtualization").

3.  RAM – Minimum 2GB. Namun recommended 4 GB. Karena pada OS 64 bit memakan setidaknya 1 GB untuk beroperasi. Jika kita multitasking dengan Visual Studio 2013 Professional. Bayangkan sendiri aja ya ^^.

4.  1.6 Ghz Processor or faster.
Nah pastikan laptop/PC kamu sudah siap tempur dengan melengkapi persyaratan tempur diatas atau lebih dari minimum.  Jika kamu memiliki device windows phone sendiri, maka kamu tidak perlu menggunakan emulator windows phone.

Jika kamu ingin mendownload Visual Studio 2013 Professional, kamu bisa mengunjungi Link dibawah ini, atau langsung download di Dreamspark For Students


Yup, setelah alat tempurnya siap, kita lanjut ke Getting Started With Visual Studio 2013 Professional.

Getting Started With Visual Studio 2013 Professional

Membuat Project Baru

Membuat project baru dari Visual Studio cukup mudah kok. Visual Studio menyediakan beberapa jenis project, diantaranya adalah: Windows Universal Apps (Store Apps, Windows Phone Apps), Windows Form, ASP.NET Website, Apps for Office, Apps for Windows Azure dan project lainnya. 

Dan juga bahasa pemrograman yang digunakan diantaranya adalah: HTML, CSS, ASP, WinJS, C#, Visual Basic, XAML, Visual F, dan bahasa pemrograman lainnya.

Untuk membuat project baru, pilih Menu File -> New -> New Project

Getting Started With Visual Studio 2013 Professional
Create New Project

Kemudian akan muncul windows baru untuk memilih project apa yang akan kita buat. Karena kita akan focus untuk pembuatan aplikasi untuk  windows/windows phone maka kita akan memilih project Store Apps. Store Apps sendiri terdiri dari Universal Apps, Windows Apps, dan Windows Phone Apps. Dan kita juga bisa menggunakan bahasa pemrograman Visual C#, Visual Basic, dan juga HTML&Javascript.

Sedikit penjelasan Universal Apps merupakan project yang dibuat  untuk Windows Apps dan juga Windows Phone Apps. Karena di versi OS terbaru ya 8.1, source code untuk keduanya hampir sama sehingga kita bisa membuat apps langsung untuk keduanya.

Saat ini sebagai percobaan kita pilih untuk windows apps.

Windows Apps Project
Pilih Template


Visual Studio menyediakan beberapa template awal untuk memulai project. Pada template Windows Apps ada beberapa template seperti yang terlihat di gambar.
Blank App merupakan template yang standar tidak memiliki banyak fitur, dan awalnya tidak memiliki handling untuk page navigation yaitu di folder Common atau Navigation Helper class.
Sedangkan pada Hub App, Grid App, dan juga Split App memiliki class tersebut. Di ketiga template ini juga ada lebih dari 1 page yang bisa membuka link dari group item ke item yang lebih detail. Ketiga template tersebut  recomended buat kamu yang ingin belajar contoh simple data binding.

Setelah memilih template, kita beri nama project kita dan masuk ke workspace project kita.

Berikut ini tampilan workspace project:

Workspace Visual Studio
Workspace Visual Studio

Pada solution explorer terdapat:
1  Nama Project.

2.  Project Properties.

3.  References, yaitu service reference yang kita butuhkan dalam developing windows apps, windows phone apps. Secara default kita membutuhkan service Windows 8.1 karena kita akan menggunakan control-control dari Windows 8.1.

4.  Folder Assets, folder assets menyimpan artwork yang dibutuhkan oleh aplikasi seperti splashscreen, logo, store logo dan lain-lainnya.

5.  File XAML, file xaml bisa dikatakan sebagai page view, didalam satu xaml view terdapat class file, yaitu berektensi .cs. Pada page view ini bentuknya lebih ke designer page sedangkan di Class view adalah pengkodean untuk alogritma/ logic yang terjadi pada page.

6.  File App.xaml, file ini cukup penting karena file ini adalah yang mengatur aplikasi kita dan menghubungkan tiap pagenya, disini kita bisa mengontrol ketika aplikasi disuspend, aplikasi baru di launch apa yang harus aplikasi lakukan, dan lain-lainnya.

7.  File package manifest, file ini juga bersifat penting karena ini untuk packaging jika kita akan mengupload ke store, seperti nama, deskripsi, pengaturan gambar-gambar splashscreen, pembuat, dan versi ada di package manifest.

Untuk mendesain aplikasi windows store di Visual Studio kita juga bisa dengan mudah drag-drop dari toolbox serta pengaturan di properties, atau kita bisa dengan mengetik code-nya sendiri.

Designing Windows Store App
Designing Windows Store App

Dan untuk menjalankan aplikasinya kita bisa memilih tulisan Local Machine, namun untuk Windows Phone kalian bisa memilih emulator dengan berbagai resolusi layar atau dengan menggunakan device kalian sendiri.

Nah begitulah tentang Getting Started With Visual Studio 2013 Professional versi saya. Untuk lebih detail lagi, kamu kunjungi saja langsung ke http://msdn.microsoft.com/en-us/library/ms165079.aspx atau di http://www.visualstudio.com/en-us/get-started/overview-of-get-started-tasks-vs.aspx. kamu juga bisa mempelajari tutorial Visual Studio di Microsoft Virtual Academy.

Sekian Share and Adopt yuk! kali ini. Nantikan artikel selanjutnya yaa. Salam Ngoding !