Apa Itu MSP (Microsoft Student Partner)? - TechnoGen
Abdul Halim ZHR

Apa Itu MSP (Microsoft Student Partner)?

Hallo Studentss! Ciyee kepo niye mau tau banget tentang MSP. Hehehe. Nah kali ini saya mau ngebahas tentang Apa Itu MSP (Microsoft Student Partner)? Simak yaah.

Microsoft Student Partner (MSP) adalah program yang di selenggarakan oleh Microsoft dengan skala global yang bertujuan untuk mensponsori para mahasiswa yang tertarik dan berkecimpung dengan teknologi, khususnya teknologi Microsoft. Ratusan mahasiswa dari seluruh dunia telah tergabung dalam program ini, termasuk mahasiswa dari Indonesia.

Microsoft Student Partner
Microsoft Student Partner
Di Indonesia MSP dipimpin oleh Kak Yugie Nugraha, yaitu seorang Developer Experience di Microsoft Indonesia yang dulunya juga MSP selama beliau masih berstatus mahasiswa. Program kerja MSP Indonesia dijalankan per region, yakni region Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah & DIY serta Jawa Timur. Masing-masing region dipimpin oleh Lead dan Co-Lead yang berstatus MSP juga. Inti program dari MSP Indonesia sendiri adalah Adopt and Sharing. 

Adopt yaitu seorang MSP dituntut untuk bisa mempelajari dan selalu update dengan teknologi microsoft. Selain belajar mandiri, MSP juga sering mendapatkan training dari MSP Lead seputar teknologi Microsoft.

Sementara itu, Sharing artinya seorang MSP diharapkan bisa membagikan pengetahuannya seputar teknologi Microsoft kepada rekan-rekan di lingkungan kampusnya. Sebagai perwujudan dari sharing ini, tiap regional menjalankan program bernama “MSP Spark” yaitu sebuah workshop tentang tema tertentu (masih seputar teknologi Microsoft tentunya) yang dijalankan di kampus-kampus MSP secara bergiliran. Selain program regional tersebut, seorang MSP diharapkan juga bisa men-sharing ilmunya secara mandiri (atau bekerja sama dengan rekan MSP di kampusnya) kepada rekan-rekan dikampusnya. Sharing ini bisa dilakukan secara personal ataupun melalui workshop/tutorial.

Apa Itu MSP?
Sharing MSP
Ada beberapa benefit yang bakal kita dapatkan di Microsoft Student Partner lho, diantaranya :

1. Training Gratis
Pihak Microsoft selalu memberikan traning gratis kepada MSP apabila ada teknologi baru Microsoft yang baru rilis.
2. Kemudahan Mendapatkan Resource untuk Belajar Teknologi Microsoft
MSP diberi kemudahan untuk bisa mendapatkan akses belajar teknologi microsoft secara mudah. Selain itu, kita juga dengan mudah bisa saling bertukar ilmu dengan sesama rekan MSP. Nah jadi jika suatu saat kita mengalami kesulitan selama belajar, kita bisa bertanya ke rekan MSP lainnya dan mereka pun dengan senang hati akan membantu kita.
3. MSDN Subscriptions
Nah ini nih salah satu benefit yang paling dinantikan oleh MSP. Setiap MSP yang aktif berhak untuk menjadi MSDN Subscriber  dimana dengan fasilitas ini kita mempunyai akses untuk mendapatkan license software-software Microsoft secara gratis.Mantep sob!

4. Sertifikasi Gratis
Microsoft tidak hanya peduli kepada para MSP ketika mereka masih aktif saja, namun mereka juga mempersiapkan para MSP ini agar bisa memiliki “nilai jual” ketika para MSP lulus. Salah satu caranya adalah dengan memberikan voucher gratis untuk sertifikasi. Pada bulan November 2014 lalu, World Wide MSP memberikan 15 voucher sertifikasi gratis untuk tiap MSPnya di seluruh dunia. Saya sendiri saat itu hanya mengambil 2 exam yang sesuai passion saya, Software Development Fundamental dan Database Fundamental.
5. Serba Gratisan Lainnya
Selain software gratisan dan Sertikasi gratisan, MSP juga sering banget yang namanya dapat outfit gratisan. Dari awal masuk saja kita mendapatkan dua buah Jaket gratis. Belum lagi kalau kita rajin datang training atau event nya Microsoft, sudah pasti kita pulang dengan membawa kaos. Selain outfit, ada juga barang gratisan lainnya semacam flash disk dan gadget. MSP Indonesia Lead ini sering mengadakan challenge untuk MSP dan hadiah dari challenge tersebut berupa Lumia atau Windows Tablet. Asik kan sob?

Setelah tahu benefit yang didapat dari seorang MSP, kamu-kamu yang baca ini juga jadi ingin bergabung jadi MSP kan? Buat kalian yang saat ini sedang ada di semester 3 sampai dengan 4 yuk segera gabung. Langkah daftarnya gampang banget kok.


Cara Daftar Microsoft Student Partner
(Inget ya, pendaftaran hanya dibuka pada saatnya :p)
  1. Buka halaman ini. 
  2. Isi online form yang ada pada halaman tersebut.
  3. Selesaikan salah satu course yang ada pada MVA sesuai list yang ada pada halaman tersebut. Yang belum tahu apa itu MVA bisa cek disini. 
  4. Kirim konfimasi ke email MSDN Indonesia (msdnindo@microsoft.com) dengan detail sebagai berikut :
    Subject Email: Report MVA for MSP Oprec 2014
    Name:
    Email:
    University:
  5. Like fanspage nya MSP disini.
Sebenarnya langkah-langkahnya sudah dijelaskan secara mendetail pada halaman tersebut. Baca aja ya biar jelass. Jangan lupa follow juga twitter MSP Indonesia (@MSPIndonesia) biar ga ketinggalan infonya. Salam Sukses yaa!

sumber info : http://meisaputri.wordpress.com/ dengan perubahan