Microsoft HoloLens, Teknologi Masa Depan - TechnoGen
Abdul Halim ZHR

Microsoft HoloLens, Teknologi Masa Depan

Share and Adopt yuk! - Pada tahun lalu Microsoft telah merilis Windows 8.1 dan Windows Phone dan menjadi trending dunia. Dan sekarang pun Microsoft di awal tahun ini menelurkan produk kacamata 3D hologram, yaitu HoloLens. Produk ini disebut-sebut sebagai perangkat desktop masa depan dengan tampilan hologram pertama di dunia. Dan menurut kabarnya, Microsoft HoloLens ini akan dirilis beberapa saat setelah dirilisnya Microsoft Windows 10 yang akan dirilis pada tahun-tahun mendatang. Microsoft Windows 10 juga kini telah tersedia namun masih dalam tahap technical preview. 

HoloLens sebenarnya juga merupakan sebuah komputer dalam bentuk perangkat wearable (yang dapat dikenakan). Di dalamnya terdapat CPU, GPU serta prosesor holografik. Bahkan HoloLens juga memungkinkan penggunanya untuk mendengar konten suara dari tampilan hologram yang ada di sekitarnya. HoloLens juga dilengkapi dengan sensor gerakan serta sensor yang mendeteksi kondisi di sekitar pemakainya.

Microsoft HoloLens, Teknologi Dunia Baru
Microsoft HoloLens, Teknologi Dunia Baru

HoloLens mengingatkan saya dengan NevreGear, hardware yang dipakai oleh tokoh Kirito dalam anime Sword Art Online dan versi terbarunya, Amusphere. Namun HoloLens tidak secanggih NevreGear ataupun Amusphere yang berjenis Virtual Reality, yang dapat membuat dunia baru di dalam dunia maya dengan memvisualisasikan game seakan menjadi nyata. HoloLens hanya mampu membuat hologram-hologram yang hanya dapat dilihat oleh pengguna-penggunanya dengan sistem operasi Windows. Sehingga HoloLens mungkin dapat disebut "titisan NevreGear", benih hardware Virtual Reality masa depan. 

Namun untuk sekarang kita belum bisa menikmati headset HoloLens ini, karena Microsoft mengatakan kalau HoloLens masih dalam tahap pengembangan. Pihak Microsoft belum menyebutkan harga dan kapan HoloLens akan secara resmi mulai dipasarkan. Nah, jika Anda berminat untuk memilikinya, silahkan sabar menanti hingga tiba waktunya, hehe.



============================================================

Tags : Microsoft HoloLens, Teknologi Dunia Baru, kacamata hologram microsoft. Microsoft HoloLens, Oculus Rift, HoloLens, Microsoft